IONIC Electronics Design

"IONIC Electronics Design" does not produce and design any electronics device for commercial use. They are all for free educational and learning purposes only. We guarantee our design is original and 100% tested.You can ask us for original design (*.CKT). You can rely on our design and try it for free but not for commercial purpose.
"IONIC Electronics Design" tidak memproduksi atau merancang perangkat elekronik untuk tujuan komersial. Semuanya gratis untuk keperluan pendidikan dan pelajaran. Rancangan kami adalah asli dan telah diuji-coba. Anda bisa meminta kami rancangan asli (*.CKT). Bebas untuk ditiru dan dimodifikasi tetapi tidak untuk diperjual-belikan.

Friday, November 16, 2012

75 Watts RF (VHF) Power Booster

A. Pendahuluan

Penguat daya RF atau Booster ini hanya sebagai pelengkap saja, karena tujuan blog ini untuk keperluan pendidikan dan komunitasnya. Daya 75 Watt yang dihasilkan sudah menyalahi aturan KPI ( Komisi Penyiaran Indonesia ) yang hanya mengijinkan daya maksimum 50 Watt untuk keperluan komunitas pendidikan. Jadi transistor C2694 sebaiknya diganti C2630 yang menghasilkan daya 50Watt. Meski hanya sebagai pelengkap rancangan ini sudah diuji coba dengan hasil yang bagus.

B. Skema dan Komponen

C. Cara Kerja

Tidak banyak yang diterangkan disini karena cara kerjanya sama saja dengan  Pemancar FM 25 Watt yang telah diterangkan sebelumnya. Transistor C2630/C2694 akan memberikan penguatan sekitar 6.7 dB atau sekitar 4.7 kali dari daya masukan. Untuk C2630 daya masukan yang diperlukan lebih kecil karena daya keluaran idealnya hanya 50W.
Terlihat banyak kapasitor yang dipasang paralel karena daya yang ditangani cukup besar dan disipasi daya (panas) pada komponennya juga besar jadi kapasitor diparalel dan transistor harus dipasang pada heatsink yang memadahi dan ditambahkan kipas. Terlihat juga dibagian akhir ada Tapis Lulus Bawah atau LPF yang memangkas frekuensi diatas 115Mhz yang berpontensial mengganggu komunikasi pesawat udara dan bahkan penerima TV.

D. PCB dan Rangkaian Jadi

1. Pola (Lay out) PCB

Ini pola PCB yang baru dibuat, terlihat jalur tambahan (optional) yang tidak ada di skema yaitu strip untuk mengukur daya relatif baik Forward maupun Reflected. Transistor C2630 dan C2694 juga terlihat di gambar dibawah ini.

 2. Letak komponen

Komponen dipasang dengan teknik SMT (Surface Mount Technology) sehingga satu sisi PCB bisa bersentuhan dengan penyerap panas (heatsink).

 3.Rangkaian siap di masukkan kotak

Kipas tambahan diatas transistor menjadikan suhu lebih dingin dan daya yang stabil. Bypass Relay ditambahkan agar rangkaian bisa dinonaktifkan hanya dengan memutus catu daya tanpa melepas konektor. Penggunaan relay perlu diperhatikan terutama kualitasnya karena kebanyakan relay tidak dirancang untuk frekuensi radio. Jika tidak memperoleh relay yang baik, tidak perlu dipasang Bypass Relay.

 4.Box

Ini bentuk jadi Booster 75 Watt dalam kotak yang juga dibuat sendiri



E. Prosedur Penepatan

  1. Beri masukan dari Pemancar 25 Watt, Output di lewatkan SWR / Power meter ke Dummy Load atau langsung diumpankan ke Dummy Load jika VU meter dipasang di strip Relative Power.
  2. Nyalakan Pemancar dan Booster. Jika dipakai relay nyalakan pemancarnya dulu atau Booster dulu jika tidak dipakai relay.
  3. Atur semua trimer untuk mendapatkan daya maksimal. Tidak banyak pengaturan dan cukup mudah, namun harus hati-hati karena arus yang ditangani bisa mencapai 20A jadi pastikan catu daya bisa mencatu arus 20A lebih. Setelah tepat hanya akan menarik arus 10 hingga 12 ampere saja pada catu daya 12V.
  4. Setelah semuanya OK catu daya bisa dinaikkan ke 13.8V.
  5. Selesai dan siap dipakai.

F. Penutup

Meskipun Booster 75 Watt ini bisa menghasilkan daya hampir 100Watt, namun untuk keamanan yang maksimal disarankan untuk mengatur keluaran pada 75 Watt saja. Jika lebih turunkan tegangan catu daya. Jangan menurunkan daya output dengan mengatur trimmer karena justru akan membuat rangkaian panas dan menarik arus yang besar. Demikian posting tambahan sekali lagi hanya sebagai pelengkap Blog ini.

34 comments:

  1. mas kl di izinkan saya minta harga Tr C2694 dan C2630. dimana saya bisa mndapatkannya. Terima Kasih.. ini email sy : muhammadnamo@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Jogja bisa didapat di Luwes Elektronik 2694 700 ribu, 2630 400 ribu. Ada yang setara dengan 2694 namun jauh lebih murah yaitu 2782 300 ribu.

      Delete
    2. trima kasih bgt mas ats infonya..

      Delete
    3. Di solo ada mas 2630 harga 300rb
      di jogja juga ada 2694 harga 300rb
      solonya CME mas klo belum naik harganya lho
      sekitar segitu
      salam kenal dari klaten
      mampir di blog saya ya ..
      http://ridho26.blogspot.com/

      Delete
    4. masmau nanya harga pendorong ht keluaran 100/200/300 wat berapa gan

      Delete
    5. Utk di solo alamate mana ya mas...

      Delete
  2. Selama ini kami mematikan pemancar dengan cara mencabut steker dari outlet listrik. Apakah cara ini sudah benar? Sebenarnya saya berkehendak untuk memasang Relay seperti pada rangkaian ini, sehingga jika komputer pada ruang siaran dimatikan maka relay akan mematikan pemancar di ruang pemancar. Apakah anda bisa membantu skema dan alat yang digunakan? Terima kasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau unit pemancar lengkap dimatikan bersama dengan mencabut steker listrik tidak masalah

      Delete
  3. Maaf komentar yang menjual barang atau jasa kami hapus. Karena disini tidak ada komersialisasi.

    ReplyDelete
  4. Bos ad gk rakitan yg siap jd dn brp hargax untk Pemancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kami tidak menjualnya. Hanya untuk belajar dan latihan.

      Delete
  5. Anda yang mencari skema Pemancar TV Analog UHF mikro dengan Digital (NICAM) encoder bisa di download di link:
    http://www.4shared.com/photo/Bjc01Ggp/Nicam_Stereo_Modulator.html
    Rangkaian ini saya design dari Receiver Parabola Analog jadul.

    ReplyDelete
  6. kalau hanya beli rangkaian yg sudah jadi dmn ya om
    yang tinggal ngrakit aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan menghubungi Sdr. Muh Akbar Ridho yang ada di komentar di halaman ini, Terimakasih.

      Delete
  7. Mas bro q minta skema pemasangan relaynya boleh gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya tambahkan skema relay, silakan lihat skema diatas. Terimakasih

      Delete
    2. Terimakasih banyak ini sangat brguna sekali bagi saya

      Delete
  8. boleh minta skema vu meter freq..kirim ke emailku tantowyjudes@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya Frekuensi tdk bisa diukur dengan VU Analog. Pengukuran analog menggunakan sistem resonan. Umumnya memakai Frequency Counter

      Delete
  9. mas,boleh gak minta tolang gambarkan skema boster pendorong HT,pakai penel 1946,krim emailku sastrodimejoe@gmail.com.maksih mas sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya coba saya gambarkan untuk HT berapa Watt ya?. Kalau tdk ada keterangan saya anggap HT 5 Watt

      Delete
    2. om mintta skema pendorong ht (walkie) 5 wat dan 30wat keluar 100/200/300 wat beserta bahan... keemailku ekasatrya299@gmail.com makasih om

      Delete
  10. Om. Bisa minta tolong buatkan skema boster uhf 430 dngan trnsistor 2sc3022 ? Untuk ht 5watt

    ReplyDelete
  11. Mas, sampeyan Jogja ne sblah mana ya? Saya kuliah di UTY pengen ktmu dan minta pencerahannya soal transmiter fm. Karna saya ada project buat membuat siaran radio. Terimakasih. Mohon jika berkenan add wa saya mas 085895054949

    ReplyDelete
  12. Mas, sampeyan Jogja ne sblah mana ya? Saya kuliah di UTY pengen ktmu dan minta pencerahannya soal transmiter fm. Karna saya ada project buat membuat siaran radio. Terimakasih. Mohon jika berkenan add wa saya mas 085895054949

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Minta tolong mas skema pengaman bosster untuk ht 3-5 watt,...aq baru beli booster pallet mosfet 170 watt,...sebelumnya terima kasih bantuannya email : widiananto.win@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Mantap pencerahannya, terus berkarya dan berbagi ilmu, moga berkah jadi jariah, salam dari Banjarmasin.

    ReplyDelete
  16. Maaf bos mau tanya...klub mengecek transistor driver c2053 gmn ya???apa pki Vu...saya cek goyang dikit Trus kembali lg...kira2 normal apa jarum harus berhenti ???trims

    ReplyDelete
  17. Maaf bos...mau tanya...cara cek...signal RF gmn ???kayak pada driver tradisional c2053....apakah harus pki Vu....meter...saya testimoni goyang aja GK brhnti apakah itu normal....???

    ReplyDelete
  18. Wah ternyata ramai juga ya diskusi disini..... mari berbagi pengetahuan tentang RF....

    ReplyDelete
  19. Baru ganti mosfet yang sebelumnya Watt nya sdh lemah. Permasalahannya setelah diganti Watt tidak keluar sama sekali, kondisi mosfet baik normal. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete