IONIC Electronics Design

"IONIC Electronics Design" does not produce and design any electronics device for commercial use. They are all for free educational and learning purposes only. We guarantee our design is original and 100% tested.You can ask us for original design (*.CKT). You can rely on our design and try it for free but not for commercial purpose.
"IONIC Electronics Design" tidak memproduksi atau merancang perangkat elekronik untuk tujuan komersial. Semuanya gratis untuk keperluan pendidikan dan pelajaran. Rancangan kami adalah asli dan telah diuji-coba. Anda bisa meminta kami rancangan asli (*.CKT). Bebas untuk ditiru dan dimodifikasi tetapi tidak untuk diperjual-belikan.

Tuesday, November 6, 2012

75us Pre-Emphasis dan LPF 15KHz

A. Pendahuluan

Pre-Emphasis adalah suatu cara meningkatkan S/N Ratio, pada transmisi FM ada dua standar 75us dan 50us. Rancangan ini menggunakan standar 75us yang menaikan isyarat frekuensi mulai sekitar 3KHz dengan kemiringan 3dB/Oktaf. Sedangkan LPF dirancang mempunyai Cut-Off Frequency 15KHz dengan slope/kemiringan -24dB/Oktaf.

B. Skema dan Komponen

C. Cara Kerja

1. Pre-Emphasis

Pre-Emphasis dibangun oleh TL 072( Dual Op-Amp). Fungsi Pre-Emphasis sebenarnya dibangun oleh R 10k, C 8n2 dan R 3K9. Op-Amp pertama dikonfigurasi sebagai penyangga (buffer) sekaligus memberi tegangan panjar/bias DC ke semua Op-Amp yang terkopel DC (tanpa kapasitor kopling) sehingga rangkaian berada pada Operating Point yang sesuai, yaitu setengah tegangan catu daya. Op-Amp kedua dipakai sebagai penguat yang mengembalikan taraf/level isyarat yang menurun di tahap Pre-Emphasis.

2. LPF 15 Khz

Empat Op-Amp sisanya (TL074) masing-masing membentuk Butterworth LPF orde 2 dengan kemiringan 6dB/oktaf sehingga total keseluruhan mempunyai kemiringan 24dB/oktaf.

D. PCB dan Rangkaian Jadi


 E. Penutup

Rangkaian ini dipasang sebelum Enkoder Stereo yang telah dibahas sebelumya sehingga kualitas suara sudah Hi-Fi karena sudah sangat dekat dengan suara asli.
Lengkap sudah pembahasan tentang" Belajar membuat sendiri Pemancar FM berkualitas". Masih ada rancangan pendukung lain seperti Switching Power Supply, Antenna Halo dan Booster 75Watt namun karena belum diuji kualitas dan kehandalannya  belum saya posting. Ada kekuranganya mohon koreksi, saran dan kritiknya. Terima kasih.

1 comment: